Subuh Serap Aspirasi, Siang Kerja Bakti

Subuh Serap Aspirasi, Siang Kerja Bakti

\"Helmi-Hasan\"BENGKULU, BE - Belum genap 100 hari pemerintahannya, Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE terus melakukan gerakan tanpa henti. Kemarin, sebagaimana biasa ia jalani setiap Sabtu dan Minggu, Helmi mengajak SKPD-nya melaksanakan apa yang populer dengan istilah asmara Subuh (serap aspirasi masyarakat di waktu Subuh). Ikut bersama dia Asisten I, II, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Pendidikan Nasional, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Kepala Dinas Pertanian, Para Camat, Lurah, Kabag Kesra dan Kabag Humas.

Asmara subuh yang dilaksanakan Helmi kemarin berlangsung di Masjid Amalia. Tepatnya di RT 21 RW 2 Kelurahan Dusun Besar, Singaran Pati. Kehadiran Helmi bersama aparaturnya langsung disambut oleh tokoh masyarakat, tokoh adat, alim ulama dan imam masjid, bilal dan gharim serta jamaah Masjid Amalia.  Dalam kunjungan itu, Helmi bilang \"apa yang kami lakukan ini sesuai dengan salah satu dari delapan tekad Bengkuluku Bersih 2013 yaitu religius. Religius berarti cara pandang kita dalam menjalankan agama kita dan pertanggung jawaban kita diakhir masa.

\"Tujuannya sendiri, lanjut Helmi, untuk menyatukan, mempererat hubungan komunikasi silaturahmi dan keluargaan antara pemerintah dengan masyarakat dalam menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pemerintah tanpa batasan. Selain itu, salat Subuh yang dilakukannya ia bersama aparaturnya itu juga berguna untuk meramaikan ibadah salat berjamaah di masjid-masjid yang ada di masyarakat dalam pendekatan manusia dengan Allah SWT.

Dalam kunjungan walikota ini, masyarakat memanfaatkannya dengan menyampaikan beberapa aspirasi. Diantaranya adalah perbaikan jalan dan gang, bantuan perbaikan tempat wudhu, MCK, serta pemanfaatan lahan masjid dalam peningkatan pemasukan masjid. \"Kami juga berharap adanya lapangan kerja bagi karang taruna seperti bantuan dana pembuatan kolam,\" kata Usman, salah satu warga.

Ikut Kerja Bakti Usai melaksanakan asmara Subuh, walikota langsung melanjutkan kegiatannya dengan menghadiri Bike Cross Country Dan Fun Bike dalam rangka memeriahkan HUT Kota Ke 294. Sekitar pukul 10.00 WIB, ia mengikuti kerja bakti di tiga tempat, yaitu Jalan Irian RT 01 RW 01, Kelurahan Tanjung Jaya, Sungai Serut. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Darma Wanita RT 05 RW 02 Kelurahan Bentiring, Muara Bangkahulu. Dan terakhir di Jalan Sidodadi RT 18 RW 02 Kelurahan Bentiring, Muara Bangkahulu.

Disetiap kesempatan, walikota menyampaikan pesan kepada warga yang melaksanakan kerja bakti untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. “Bapak ibu mari kita tekad kan untuk selalu peduli dengan lingkungan kita, salah satunya dengan membersihkan lingkungan, paling tidak lingkungan rumah kita sendiri, serta tidak lupa manfaatkan lahan yang tidak tidur untuk dijadikan lahan produktif,” pesannya.

Dalam peninjaun tersebut, Helmi juga berpesan agar sampah yang telah terkumpul agar tidak dibakar, karena dapat menimbulkan polusi udara dan tidak baik untuk lingkungan. \"Kepada warga saya harapkan agar sampah yang terkumpul dapat dibuatkan lubang dan dimasukkan ke dalam lubang, dan sampah itu juga nantinya dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos,” ujarnya.

Uniknya, ketika mengikuti kerja bakti di Jalan Sidodadi, Walikota termuda ini menyempatkan diri untuk makan bubur dan ketan sambil bercengkrama bersama warga. (009)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: